Yuk #MulaidenganSadar

Memilih Shampoo yang Tepat Untukmu

Semua orang, pria maupun wanita pasti punya impian memiliki rambut yang indah. Itu sebabnya sejak kecil kita sudah diajarkan merawat rambut setidaknya dengan rajin mencuci rambut secara teratur. Namun, perawatan yang kamu lakukan itu belum tentu maksimal hasilnya bila tidak sesuai dengan jenis rambut.

Oleh sebab itu, sebelum mulai memilih akan menggunakan produk yang mana, kenali dulu jenis rambutmu.

Mengenal Jenis Rambut

Setiap orang pasti memiliki tekstur rambut yang berbeda. Tekstur rambut secara alami dipengaruhi oleh faktor keturunan (gen dari keluarga), namun tekstur rambut pun bisa mengalami perubahan. Hal-hal yang mempengaruhi perubahan tekstur rambut adalah nutrisi yang masuk ke tubuh, pengaruh lingkungan,  tingkat stres dan jangan lupakan macam-macam styling rambut yang sudah dilakukan.

Contohnya, bila kamu memiliki tektur rambut keriting dan kamu melakukan pelurusan rambut secara rutin di salon, namun tidak rutin melakukan perawatan untuk menutrisi rambut. Maka lama kelamaan rambut kamu bisa berubah tekstur menjadi kering, kasar, dan kusam.

Mengenali dan mengetahui jenis rambut kamu adalah langkah pertama untuk mendapatkan perawatan yang tepat, seperti memilih shampoo yang cocok. Karena itu, yuk kita kenali jenis rambut dan kulit kepala kita agar rambut senantiasa sehat dan berkilau.

Rambut Lurus

Rambut lurus cenderung punya sifat lemas, indah, namun juga agak berminyak. Model rambut lurus juga ada beberapa: ada yang sangat halus dan berminyak, sehingga susah disisir, ada juga rambut lurus yang tipis hingga bila tidak diblow kelihatan kurang indah, dan kemudian jenis rambut lurus yang sedikit berantakan.

Rambut Keriting

Rambut keriting cenderung punya tekstur lebih keras. Karena rambut keriting tidak tergolong yang mudah untuk ditata, kamu membutuhkan pelembab rambut dan kondisioner yang mengandung vitamin setelah keramas untuk melembutkan rambut sehingga mudah ditata.

Rambut Bergelombang

Ini adalah perpaduan antar rambut lurus dan rambut keriting, umumnya karakter rambut ini tidak terlalu berminyak dan juga tidak terlalu kering. Rambut bergelombang jika tidak dirawat dengan baik akan terkesan berantakan, karena itu kamu bisa melakukan creambath secara rutin untuk merawat rambut. Jangan lupa aplikasikan vitamin ya agar rambut terlihat sehat dan lembut.

Rambut Kasar

Rambut kasar biasanya terjadi dikarenakan rambut sering terpapar oleh panas, serta salah dalam memilih produk perawatan. Cirinya adalah terlihat kusut dan kasar setelah selesai keramas.

Rambut yang sering terpapar proses kimiawi

Proses pewarnaan rambut, pelurusan permanen yang menggunakan bahan kimia biasanya mengakibatkan rambut jadi kusam, kering dan rapuh bila tidak dirawat dengan benar. Hobi berenang kamu juga bisa mengakibatkan rambut kering dan rapuh. Tapi jangan khawatir, selama kamu rutin perawatan, kilau sehat rambutmu bisa kembali kok.

Mengenal Jenis Kulit Kepala

Kebersihan kulit kepala ternyata sering diabaikan. Shampoo yang kita pakai jadinya hanya sekadar membersihkan helai rambut, namun kotoran di kulit kepala tidak terangkat dan terbilas. Seperti halnya kulit wajah, kulit kepala pun ada jenis-jenisnya. Ada tiga jenis kulit kepala: normal, berminyak, dan kering.

Kulit kepala normal

Ini adalah jenis kulit kepala yang stabil, tidak mengelami kelebihan atau kekurangan minyak (sebum) di kulit kepala. Bisa dikenali dengan melihat tingkat ketombe atau kerontokan yang minim. Kamu bisa menggunakan shampoo untuk kulit kepala normal asal dengan formula yang aman.

Kulit kepala berminyak

Sebum atau minyak di kulit kepala berfungsi menjaga kelembaban agar rambut tidak kering. Namun pada jenis rambut ini terjadi kelebihan minyak di kulit kepala. Kepala berminyak juga bisa disebabkan oleh pengaruh hormon dan polusi udara. Mengenalinya mudah, yaitu ketika rambut sudah terlihat lepek satu atau dua hari setelah keramas.

Kulit kepala kering

Kebalikan dari berminyak, kulit rambut kering justru mengalami kekurangan sebum, sehingga kulit kepala kurang terhidrasi. Kulit kepala kering mudah gatal dan berketombe. Rambut bercabang, rontok dan mudah patah adalah ciri-cirinya.

Kulit kepala sensitif

Kulit kepala sensitif ditandai dengan gatalnya kepala tanpa disertai ketombe. Biasanya terasa seperti ada jerawat di kulit kepala yang terasa sakit ketika disentuh. Hal terjadi biasanya karen kurang bersih saat membilas rambut saat keramas.

Cerdas Memilih Shampoo yang Sesuai untuk Kulit Kepala dan Tidak Merusak Rambut

Kalau selama ini kamu memilih shampoo berdasarkan kemasan dan keharumannya, sekarang saatnya untuk lebih cerdas sebelum membeli. Shampoo yang beredar di pasaran acapkali bisa menghilangkan nutrisi penting rambut dan minyak alami, bahkan juga membuat kulit kepala iritasi. Dengan pemakaian jangka panjang, bahan kimia dari shampoo yang kamu pakai akan membuat rambutmu terlihat kusam dan kehilangan kilau alaminya.

Menggunakan shampoo dan kondisioner dengan bahan alami akan membantu memperbaiki, memperkuat dan mengembalikan kesehatan rambut dan kulit kepala kamu. Coba gunakan rangkaian produk perawatan rambut YAGI Natural. Produk perawatan rambut dari YAGI Natural adalah produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak akan merusak rambut ataupun kulit kepala.

Untuk kamu yang punya jenis rambut kering, rusak dan kaku akibat sering terpapar proses kimiawi, kamu bisa menggunakan produk Frizz Away Shampoo, karena formulanya akan mengembalikan lembutnya rambut kamu. Semua kasar-kasar di rambut akan hilang.

Bila kamu tidak nyaman dengan rambut rontok dan lepek akibat kulit kepala berminyak, gunakan seri Good Hair Day untuk perawatan rambut dan kulit kepalamu. Ingat, untuk kulit kepala berminyak, jangan keramas setiap hari. Karena keramas setiap hari bisa memicu sebum berlebih dan kerontokan.

Gentle Scalp shampoo adalah produk YAGI Natural yang bisa kamu gunakan untuk kulit kepala sensitif. Jangan khawatir, shampoo untuk kulit kepala sensitif ini bebas dari Paraben, juga bebas dari pewangi sintetis.

Produk lain yang juga terbuat dari bahan alami yang aman adalah Mommy & Me Shampoo. Kandungan pH-nya paling netral, sehingga shampoo ini aman untuk ibu hamil dan menyusui serta dapat dipakai juga untuk sesi mandi bersama Si Kecil.

Satu hal lagi yang harus kamu ingat adalah, kondisi rambut setiap orang tidak sama, sehingga apa yang cocok buat sahabatmu belum tentu cocok buat kulit kepalamu meskipun kulit kepala kalian sama-sama berminyak. Jadi, memang membutuhkan waktu untuk mengetahui mana shampoo yang cocok buat kamu.

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published