Yuk #MulaidenganSadar

Semua Tentang Cokelat Yang Wajib Kamu Ketahui

Semua orang pasti mengenal yang namanya cokelat. Bahan makanan yang satu ini mempunyai rasa lezat yang unik yang membuatnya disukai oleh siapa saja. Dahulu kala, sebelum cokelat menjadi makanan seperti sekarang, cokelat dihidangkan sebagai minuman khusus untuk kaum bangsawan.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya tentu saja coklat bisa dinikmati oleh semua kalangan. Kini siapapun bisa dengan mudah mendapatkan coklat dan menyimpan beberapa batang di dalam kulkas atau di laci meja kantornya. Kamu juga kan?

Asal Usul Cokelat di Indonesia

Sebelum kita bercerita lebih lanjut mengenai manfaat cokelat, mari kita toleh ke belakang untuk menggali sedikit tentang sejarah cokelat di Indonesia.

Coklat, adalah bahan makanan yang berasal dari biji Kakao. Tanaman kakao ini ketika panen menghasilkan buah yang cukup besar dan masing-masing mengandung 20 sampai 60 biji yang diselimuti oleh daging buah berwarna putih (jadi bukan rasa cokelat lho ya!). Berbeda dengan rasa coklat yang sudah diolah, rasa buah kakao matang memiliki rasa campuran antara manis dan asam. Sebagai informasi, biji buah kakao yang mentah ini mengandung antioksidan paling tinggi dibandingkan dengan yang telah diolah.

Tanaman kakao pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1880, di zaman penjajahan Belanda. Belanda membawanya untuk uji coba tanam di Indonesia karena saat itu tanaman kopi dan teh mengalami gagal panen besar-besaran karena hama penyakit. Maka, Belanda pun mulai membudidayakan tanaman kakao di Indonesia, dengan kakao jenis Forastero yang berasal dari Venezuela.

cacao farm

Keseriusan Belanda menggarap cokelat dilanjutkan dengan membentuk lembaga penelitian yang bertujuan mendapatkan tanaman kakao yang unggul, sehingga sampai tahun 1938 terdapat 29 perkebunan kakao yang kemudian menjadi milik Indonesia setelah merdeka.

Perkembangan Industri Cokelat di Indonesia

Meskipun pada zaman colonial Belanda, Indonesia pernah menjadi salah satu pemasok kakao terbesar di dunia, saat ini produksi coklat di Indonesia mengalami penurunan. Data ICCO (International Cocoa Organization) menunjukkan Indonesia pada tahun 2018 berada di posisi ke-6 sebagai produsen biji kakao terbesar di dunia, dengan jumlah produksi 220.000 ton. Padahal sebelumnya kita sempat berada di posisi ketiga lho.

Cacao beans

Dilansir dari Indonesia.go.id, penurunan produksi kakao Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, seperti varietas kakao yang masih kalah unggul, dan juga masalah petani kakao.

Saat ini para petani kakao juga membutuhkan kebijakan dari pemerintah yang dapat menjamin akses pasar terhadap hasil produksi kakao mereka. Harapan petani kakao juga agar bisa mendapatkan sertifikasi internasional yang mana akan memberikan jaminan bahwa produksi kakao yang mereka hasilkan memiliki kualitas tinggi sehingga bisa menarik pasar internasional.

Akan tetapi, menurut Kementrian Pertanian, Indonesia masih berpeluang menjadi produsen kakao terbesar di dunia, karena negeri kita ini adalah negeri tropis yang sangat potensial memproduksi cokelat berkualitas.

Salah satu rencana jangka panjang dari kementerian adalah fokus pada upaya penciptaan varietas kakao yang unggul serta perluasan perkebunan. Dan tentu saja termasuk jaminan kesejahteraan petani kakao.

Coklat untuk Kecantikan

Cacao Butter

Kamu pasti sudah tidak asing dengan coklat yang beredar di pasaran. Dengan rasanya yang manis pahit spesial itu, cokelat biasa digunakan sebagai bahan makanan atau bahan campuran minuman. Ada yang bentuknya coklat batangan, coklat cair, dan juga coklat bubuk.

Tapi tahukah kamu kalau cokelat juga sudah banyak digunakan untuk kecantikan? Produk perawatan tubuh dengan bahan baku cacao butter saat ini sudah banyak jadi pilihan konsumen karena memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Ini dia manfaatnya:

1. Menghaluskan dan menjaga kelembaban kulit

Lemak dalam cocoa butter dapat membentuk pelindung untuk melembapkan dan memberi nutrisi pada kulit sehingga dapat meningkatkan kekenyalan kulit. Kandungan vitamin C, A dan E dapat menjaga kelembaban kulit yang dibutuhkan saat kulit kering.

2. Mengatasi bibir pecah-pecah

Cocoa butter juga dapat melembapkan bibir kamu sehingga terhindar dari bibir pecah- pecah. Pastikan kamu memilih produk yang dijamin aman untuk dioleskan ke bibir ya. Kamu bisa menggunakan produk lip balm dari YAGI Natural karena bahan bakunya berasal dari cocoa asli dan diproses sedemikian rupa agar memberikan hasil terbaik dan maksimal untuk perawatan tubuh kamu.

3. Mengurangi degenerasi kulit

Cacao butter mengandung senyawa alami phytochemicals yang dapat memperlancar aliran darah ke kulit, akan membantu melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar UV. Ada pula kandungan senyawa polifenol yang dapat membantu mengurangi degenerasi kulit atau tanda-tanda penuaan dini.

4. Mengatasi banyak masalah kulit

Kamu yang punya masalah kulit sensitif atau ruam juga bisa menggunakan cocoa butter untuk mengatasinya. Senyawa

Cocoa butter juga dapat mengatasi masalah kulit akibat sengatan matahari, dan mendinginkan luka bakar. Menjaga kulit dari radikal bebas penting agar kulit tetap terlihat segar dan awet muda. Gunakan Cocoa Body Butter dari YAGI Natural karena tidak hanya mengandung lemak kakao murni, tapi produk YAGI Natural juga mengandung minyak zaitun dan minyak kelapa murni yang akan menutrisi kulitmu dengan baik.

Sekarang kamu sudah tahu kan A to Z mengenai coklat di Indonesia dan banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan dari coklat. Jangan lupa share artikel ini ke teman- teman kamu, ya!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published